. Tips Saat Mudik Lebaran ~ "Cirebon Site"
Unduh Adobe Flash player

Rabu, 15 Agustus 2012

Tips Saat Mudik Lebaran

Mudik dalam setiap menjelang perayaan Idul Fitri atau Lebaran sudah menjadi tradisi di Indonesia sejak lama. Pulang kampung dan bersilaturahmi dengan sanak saudara telah menjadi suatu kewajiban bagi setiap orang yang merantau di kota lain. Tapi perlu dipahami bahwa perjalanan mudik tidaklah semudah yang dibayangkan, apalagi bagi yang menempuh perjalanan jauh lintas propinsi dan lintas pulau. Oleh karena itu ada banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum anda melakukan perjalanan mudik pulang kampung, antara lain adalah:

  • Sebelum meninggalkan rumah tanpa penghuni dalam jangka waktu lama sebaiknya melepaskan regulator kompor gas dari tabung dan menyimpan tabung yang masih berisi gas tersebut ditempat yang sejuk seperti kamar mandi.
  • Matikan dan lepas colokan listrik semua peralatan elektronik dari terminal stop kontak dan simpan ditempat yang aman. Hal itu untuk mengantisipasi bahaya hubungan singkat yang dapat menyebabkan kerusakan peralatan elektronik bahkan kebakaran. Selain itu dengan menyimpan ditempat aman seperti di kamar gunanya untuk meminimalisir kehilangan barang akibat pencurian. 
  • Pastikan semua jendela dan pintu rumah terkunci dengan benar. 
  • Stamina yang prima dibutuhkan bagi pemudik khususnya yang akan menempuh perjalanan jauh terutama bagi pengemudi kendaraan. 
  • Bawa makanan dan minuman secukupnya sebelum melakukan perjalanan karena tidak semua jalur yang dilewati bisa dipastikan terdapat warung/toko. 
  • Handphone sebagai alat komunikasi vital yang sangat dibutuhkan pada kondisi tertentu/darurat, oleh karena itu perlu diantisipasi dengan menggunakan simcard beda operator sebagai cadangan apabila nomor utama yang dimiliki mengalami hilang sinyal/blank spot. Selain itu akan lebih bijaksana lagi apabila membawa baterei cadangan karena tidak setiap tempat yang dilewati memungkinkan untuk melakukan isi ulang baterei handphone.
  • Jika tubuh mengalami kelelahan selama perjalanan terutama bagi pengemudi sangat disarankan beristirahat sejenak untuk memulihkan kondisi badan agar kembali fit dengan memanfaatkan pos-pos yang dapat dijumpai di berbagai tempat khususnya di jakur-jalur mudik. Bahkan kalau perlu istirahat di penginapan, istirahat yang cukup akan sangat berharga sekali terutama demi keselamatan di jalan. 

Akibat terlalu padatnya lalu lintas pada saat menjelang lebaran sangat disarankan untuk mengambil jalur/jalan alternatif agar tidak terlalu sering terkena kemacetan

0 komentar:

Posting Komentar

Visit CIREBON