. Kirab dan budaya Ciayumajakuning 2011 ~ "Cirebon Site"
Unduh Adobe Flash player

Jumat, 18 November 2011

Kirab dan budaya Ciayumajakuning 2011


CIREBON – Pagelaran kirab seni dan budaya Ciayumajakuning yang berlangsung di Kota Cirebon berlangsung meriah,kemarin tanggal 14 November 2011.

Puluhan kelompok seni tradisional dari Kota Cirebon,KabupatenCirebon, Indramayu,Majalengka, danKuninganikutdalam pagelaran tersebut. Acara yang digelar Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan (Bakorpembang) Wilayah III Jawa Barat tersebut sebagai kegiatan untuk memperingati HUT Ke-66 Provinsi Jabar dan menyambut hari jadi Ke-642 Kota Cirebon. Kirab seni itu diisi penampilan kesenian tradisional dari daerah di wilayah Cirebon.

Di antaranya tari Telik Sandi dari Kota Cirebon, kasidahan dari Kabupaten Indramayu, serta tarian dan bentuk-bentuk kesenian lain yang menjadi ciri khas masing-masing daerah. Diawali dari halaman Gedung Negara Kantor Bakorpembang di kawasan Krucuk,Kota Cirebon, rombongan berarak menuju Jalan Diponegoro menuju Alun-alun Kejaksan, hingga kembali ke tempat semula. Kepala Bakorpembang Wilayah III Jabar Ano Sutrisno mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan mengembangkan seni budaya masyarakat, khususnya di wilayah Ciayumajakuning.

Kirab hari itu sendiri merupakan ketiga kalinya yang digelar setiap tahun. “Setiap tahun, kesenian yang ditampilkan berbeda-beda.Dengan begitu, diharapkan masyarakat mengetahui ragam seni budaya Ciayumajakuning,” ungkap dia. Dalam kesempatan itu, dia meminta pemda di lingkungan Kota dan Kabupaten Cirebon lebih memperhatikan keberadaan seni dan budaya di daerahnya masing-masing. Sehingga keberadaannya tetap lestari. Perhatian yang dimaksudnya terutama dari segi anggaran.

Menurut dia, meski perhatian pemda sudah ada,dari segi anggaran dianggap masih kurang memadai. Selain anggaran, pemda juga diingatkan memberi kesempatan kepada para seniman daerah untuk menampilkan kreativitasnya.“Kalau bisa, kolaborasikan seni modern dan tradisional,”ujar dia. Di sisi lain dia mengakui,tugas tersebut juga harus dilakukan Pemprov Jabar. “Intinya pelestarian dan pengembangan seni tugas bersama,” pungkas mantan Sekretaris Daerah Kota Cirebon ini

0 komentar:

Posting Komentar

Visit CIREBON