. “Putri Ong Tien” Meriahkan Panggung Budaya Sunyaragi Cirebon ~ "Cirebon Site"
Unduh Adobe Flash player

Sabtu, 26 November 2011

“Putri Ong Tien” Meriahkan Panggung Budaya Sunyaragi Cirebon


Kirab budaya dalam rangka menyambut hari jadi Kota Cirebon ke-642, diramaikan oleh drama tari kolosal “Putri Ong Tien” yang digelar di Panggung Budaya Sunyaragi selama dua hari, (25-26/11).

Episode pertama “Putri Ong Tien” sudah dimulai pada Jum’at malam, (25/11) di Panggung Budaya Sunyaragi Kota Cirebon yang dihadiri ratusan penonton. Masyarakat Cirebon begitu antusias menyaksikan drama yang mengisahkan pertemuan hingga meninggalnya Putri Ong Tien dengan Sunan Gunungjati. Drama yang berlangsung sekira dua jam ini, (pukul 20.00 sampai 22.00 WIB), dimainkan oleh tokoh-tokoh senior dalam dunia seni drama yang berasal dari berbagai sanggar seni.

Ketua Panitia, Bambang Iriyanto kepada CNC mengatakan bahwa pemain drama ini berasal dari gabungan berbagai macam sanggar, seperti Sekar Pandan, Lam Alif, Pajajar, Singa Barong, dan Tari Topeng Mimi Rasinah. Demikian juga anak didik Ibu Sawitri, Ibu Baedah putri Jublag dan sang Maestro Mba Nani dari Palimanan. Tak ketinggalan Inu Marta Pati, anak Mang Sujana Arya dari Slangit juga terlibat dalam drama ini.

Lebih lanjut Bambang Iriyanto mengatakan bahwa lima pemain utama “Putri Ong Tien” ini, sering bermain drama ke luar negeri. Bambang juga menjelaskan bahwa pemain yang berperan sebagai Sunan Gunungjati adalah Sarjana Tari dari STSI. Sementara Putri Ong Tien diperankan oleh seorang Sarjana Komunikasi dan seorang anggota polisi yang berperan sebagai pemain silat.

Bambang juga mengatakan bahwa kegiatan ini bisa terselenggara atas kerjasama Kasultanan Kasepuhan Cirebon, Keraton Kanoman Cirebon, Keraton Kacirebonan, Yayasan Budaya Sunyaragi, Yayasan Prima Ardian Tana, Perkumpulan Sanggar Seni Budaya Cirebon, Yayasan Vihara Welas Asih Cirebon dan didukung oleh Sariayu Martha Tilaar.

Bagi masyarakat yang kebetulan belum sempat menyaksikan drama ini, maka bisa datang nanti malam di Panggung Budaya Sunyaragi Cirebon.

sumber: http://www.cirebonnews.com/Sosial-Budaya/Putri-Ong-Tien-Tampil-di-Panggung-Budaya-Sunyaragi-Cirebon.html

0 komentar:

Posting Komentar

Visit CIREBON

Visitor