. Gedung negara Cirebon ~ "Cirebon Site"
Unduh Adobe Flash player

Jumat, 18 November 2011

Gedung negara Cirebon

Gedung Negara Cirebon yang berada di Jl. Siliwangi merupakan sebuah gedung tua sangat cantik, yang seorang pejalan tidak akan melewati tanpa singgah sebentar ketika melihatnya. Gedung satu lantai dengan lengkung simetris di kiri kanannya ini memiliki halaman yang sangat luas, dengan sebuah taman bundar dan sebuah bendera negara berkibar di tiang yang terpancang di tengahnya.

Gedung Negara Cirebon
Gedung Negara Cirebon ini bangunannya terlihat agak mendatar karena hanya berlantai satu dan bentuknya yang melebar ke samping. Empat buah lampu dengan ornamen lengkung yang cantik menghiasi taman, dengan tulisan Gedung Bundar yang diciptakan dari pangkasan tanaman.

Gedung Negara Cirebon
Teras depan Gedung Negara Cirebon yang terlihat sejuk saat saya berdiri memotret di tengah terik matahari Cirebon. Teras Gedung Negara Cirebon ini disangga pilar ganda dengan jendela-jendala kisi tinggi berdaun dua.

Gedung Negara Cirebon
Sang Saka Merah Putih berkibar di atas tiang bendera yang kokoh berornamen bunga teratai di pangkalnya, berlatar langit Kota Cirebon dengan seleret awan tipis yang terlihat seperti memancar dari kain bendera, mendaki ke atas langit biru yang indah. Gedung Negara Cirebon tampak terlihat berdiri anggun di belakangnya.

Gedung Negara Cirebon
Beberapa buah lampu anggun antik terlihat menggantung menghiasi teras depan Gedung Negara Cirebon, dengan beberapa pasang kursi dan meja yang tampak nyaman sebagai tempat bersantai saat sore dan malam hari.

Gedung Negara Cirebon
Sayang kami tidak diperbolehkan masuk oleh penjaga yang bertugas di pos, sehingga tidak bisa melihat ke bagian dalam gedung yang konon keramik di setiap ruangannya berbeda.

Gedung Negara Cirebon
Pintu masuk ke dalam Gedung Negara Cirebon.

Gedung Negara Cirebon
Gedung Negara Cirebon ini konon dibangun pada tahun 1865, namun tidak begitu jelas siapa arsitek yang merancangnya. Gedung Negara Cirebon sebelumnya adalah Cheribon Residentswoning atau kantor Karesidenan Cirebon. Ada yang menyebutnya sebagai bekas gedung Karesidenan Tangkil, mungkin mengambil nama wilayah dimana Gedung Negara Cirebon ini berada. Gedung Negara Cirebon saat ini menjadi kantor Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) Cirebon.


sumber: http://thearoengbinangproject.com/2010/11/wisata-negara/

0 komentar:

Posting Komentar

Visit CIREBON

Visitor